Cody Goes To school kerjasama BSSN dan SMA Negeri 6 Yogyakarta


Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN ) bekerja sama dengan SMA Negeri 6 Yogyakarta mengadakan kegiatan Cody Goes to School. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya literasi  siber, dimana masih banayak dari siwa SMA yang masih lalai ketika berada didunia maya.

Cody Goes to School dilaksankan pada hari Sabtu, 19 juni 2021 ini  sedianya akan diadakan di SMA Negeri 6 Yogkarta, namun karena karen dalam masa pandemi sehingga kegiatan ini dlakukan dalam mode Hybrid melaui media luring dan daring. Kegiatan luring atau tatap muka diadakan di Hotel Forriz Yogyakarta sedangan kegiatan daring melaluui aplikasi zoom dan chanel youtube.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah Yogyakarta Didik Wardaya, S.E., M.Pd. dan Narasumber Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Yogyakarta, ibu Siti Hajarwati, M.Pd,Si, Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom selaku Dosen Jurusan Sistem Komputer IST AKPRIND Yogyakarta dan Dr. Yudi Prayudi, M.Kom, Kepala Pusat Studi Forensika Digital, Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah Yogyakarta Didik Wardaya, S.E., M.Pd menyampaikan mengapresiasi kegiatan yang diselanggarakan BSSN dalam memberikan kesadaran terhadap siswa SMA tentang keamanan siber dengan harapan hasil dari kegiatan hari ini menjadi “virus ” yang baik dan bisa disampaikan dan menyebar ke masyarakat umum.

Sedangkan narasumnber ibu kepala sekolah Ibu Siti Hajarwati, M.Pd,Si  memberikan materi tentang kegiatan pembelajaran jarak jauh problematika dan tantanganya di SMA Negeri 6 yogyakarta, dimaan SMA Negeri 6 Yogyakarta telah membuat terobosan dalam bidan Pembelajaran jarak jauh. sedangkan narasumber kedua Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom selaku Dosen Jurusan Sistem Komputer IST AKPRIND Yogyakarta menyampaikan materi tentang Keamanan Data di Internet dan Sosial Media serta Bagaimana Tips mengamankannya, dan narasumber ketiga Dr. Yudi Prayudi, M.Kom, Kepala Pusat Studi Forensika Digital, Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia menyampaikan materi tentang Jejak Digital, Kesadaran Keamanan Siber, dan Reputasi Diri.

Diharapkan dengan Kegiatan ini Siswa SMA bisa "melek" Privasi data dan bijak dalam media sosial, dan tidak serta merta langsung approve End-user license agreement  tanpa membacanya terlebih dahulu.