Kegiatan Kurban SMAN 6 Yogyakarta sebagai Media Membangun Karakter


D

Minggu (2/8/2020) OSIS dan Rohis Muda Wijaya menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di halaman parkir sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter mulia yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut. Para siswa dapat meneladani sifat-sifat mulia sekaligus belajar menyelenggaraan kurban. Dengan kegiatan kurban ini diharapkan peserta didik menggali nilai-nilai keimanan, ketaatan, serta keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail AS.

Fatin sebagai ketua OSIS menjelaskan bahwa daging sapi didistribusikan kepada warga masyarakat di sekitar sekolah dan juga kepada siswa yang membutuhkan. Hal ini dapat memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama dan mengasah rasa kepedulian siswa.

Ibu Hajarwati, M.Si., Kepala Sekolah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebenarnya merupakan sarana bagi siswa muslim belajar menyelenggarakan kurban.

"Anak-anak memiliki pengalaman bagaimana menjadi panitia penyelenggaraan kurban sehingga mereka tidak canggung saat terjun di masyarakat untuk berpartisipasi langsung dalam penyelenggaraan kurban, tambah Bu Hajar.

Kegiatan kurban ini diselenggarakan dengan menggunakan dana personal yang dikumpulkan dari peserta didik muslim kelas X, XI, XII sehingga terbeli satu ekor sapi. Dalam kesempatan lain, peserta didik nonmuslim juga mengadakan kegiatan keimanan sesuai agamanya.

"Jadi, kami memfasiliasi semua agama untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, siswa nonmuslim juga difasilitasi untuk mengadakan kegiatan kerohanian sesuai dengan agamanya." kata Pak Eko, Waka Kesiswaan.

Pelaksanaan kegiatan kurban tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena masih dalam pandemi covid 19, protokol kesehatan pun ditegakkan. Selain itu, jumlah panitia dibatasi. Dalam pendistribusian daging, panitia hanya mengundang perwakilan warga dari pengurus RW sehingga tidak terjadi kerumunan massa.